Skip to main content

Subaru Hybrid Tourer Concept Berdesain Pintu Gullwing

Subaru Hybrid Tourer Concept Berdesain Pintu Gullwing fuji heavy industries ltd
ADA berita mengejutkan dari produk buatan Fuji Heavy Indistries Ltd Jepang. Produsen mobil dengan handling terbaik namun maaf, buruk di urusan desain, Subaru, Selasa (30/9) hari ini mengumumkan rencananya untuk memperkenalkan mobil konsep hybrid baru di Tokyo Motor Show bulan depan.  

Data teknis mobil Subaru yang diberi nama Hybrid Tourer Concept ini telah dirilis hari ini. Menurut data tersebut, mobil ini akan menggunakan mesin khas Subaru model flat-four dengan yang terhubung dengan dua unit motor listrik dan baterai lay out all-wheel drivelithium-ion.

Tiap porosnya terpasang motor listrik, dengan motor bagian belakang dirancang untuk beroperasi secara independen dari mesin bensin dan menggerakkan kendaraan dengan hanya mengandalkan tenaga baterai. Motor untuk bagian depan terpasang di belakang mesin berkapasitas 2.0 liter. Motor ini akan memberikan tambahan tenaga bila diperlukan.

Belum ada keterangan resmi berapa besar output yang dihasilkan oleh mesin Boxer berteknologi turbocharged direct-injected ini, yang pasti motor listrik bagian depan menghasilkan daya sebesar 10kW (13,4hp), sementara bagian belakangnya 20kW (26,8hp).

Selain sebagai penggerak, motor bagian depan juga berfungsi sebagai generator untuk mendapatkan kembali energi listrik saat proses pengereman. Selain itu terdapat fitur stop-start system untuk mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakarnya.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan transmisi CVT Subaru yang dijuluki Lineartronic CVT Gearbox. Perangkat penerus daya ini juga diklaim mampu memaksimalkan tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar.

Subaru menegaskan rencananya untuk memproduksi model hybrid awal tahun depan dan diharapkan produk hybrid ini akan mulai dipasarkan pada 2010.

Meski konsep mobil Subaru yang dikemas dalam model Gullwing bakal muncul di Tokyo Motor Show, mungkin secara fisik tidak akan seperti versi produksinya nanti. Petunjuknya, kendaraan versi produksinya nanti akan hadir dalam bentuk hatchback besar berkapasitas 4 tempat duduk.

Pada rangkaian pameran Tokyo nanti, Subaru juga akan memperkenalkan rangkaian teknologi berupa new EyeSigh + safety system yang memanfaatkan proses telematik dari kendaraan-ke-kendaraan dan dari jalanan-ke- kendaraan untuk mencegah tabrakan.

Sistem ini menggunakan pasangan kamera stereo dengan perangkat elektronik canggih on-board yang mampu memindai jalan di sekeliling kendaraan, mendeteksi pejalan kaki, kendaraan dan rintangan lain yang dapat membahayakan.

Lalu apa yang mengejutkan dari kabar ini? Jika Anda pemerhati otomotif maka Anda akan terkejut dengan desain yang ditampilkan oleh Subaru lewat sosok Hybrid Tourer Concept. Kendaraan konsep yang ikut memeriahkan Tokyo Motor Show mulai 21 Oktober ini memiliki desain yang cukup dahsyat untuk ukuran Subaru.

Maklum saja, jika diperhatikan, model-model Subaru hanya segelintir saja yang memiliki bentuk dan desain yang masuk dalam kategori cukup bagus. Selebihnya sulit untuk dikatakan. Padahal dalam urusan teknologi dan performa, Subaru menempati tempat istimewa di kalangan pemerhati dunia otomotif. (Cdx)

Comments

Popular posts from this blog

Hangar Provides A Playful Alternative To Store Clothes In The Closet With Style

Wait, don’t anticipate already the toy aircrafts that the kids are playing with can be found at the children section in Wal-Mart. In fact, even though they really look like one , but these are not just toy planes at all, however, the fun is surely an added bonus that your kids can enjoy. This cloth hanger is the outcome of the playful thought of Chetan Sorab, which can store clothes in the closet in a range of alternatives, most specially, with fun. Inspired from the shape of early World War aircrafts, the hanger has been designed with a funful appearance including an ergonomic handle that enables user to hook on other hangers, making a fleet of them carrying easier than ever. The variety of color will definitely give you the chance of being YOU and show others your taste of elegance. Designer : Chetan Sorab

Kanzen:Benih Motor Nasional

Adalah suatu ironi yang menyedihkan jika bangsa Indonesia yang mampu membuat pesawat terbang nasional tidak mampu membuat sebuah motor nasional sendiri. Selama puluhan tahun, industri dan pasar otomotif Indonesia dikuasai oleh vendor-vendor dari Jepang, tetapi hal itu tidak membuat bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi otomotif secara mandiri malah semakin membuat bangsa ini semakin tergantung oleh teknologi dari Jepang. Memang transfer teknologi, sumber daya manusia kita memiliki kemampuan memproduksi komponen-komponen otomotif di dalam negeri sendiri, sayangnya hal itu untuk menyuplai kebutuhan komponen otomotif vendor Jepang di dalam negeri maupun di luar negeri. Indonesia tidak diperbolehkan membuat produk-produk otomotif dengan merek atau brand sendiri dengan menggunakan teknologi dari Jepang. Ini membuat tenaga-tenaga ahli otomotif kita hanya sebagai “buruh” bagi para vendor Jepang, bukan sebagai “majikan” di negerinya sendiri. Di samping itu, pemerintah tidak membuat

DASAR DESAIN PRODUK - STUDI HANDGRIP- UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA