Skip to main content

Desain Produk di Kendaraan Shell Eco-Marathon ITB





Kontribusi Mahasiswa Desain Produk di Kendaraan Shell Eco-Marathon ITB

Beberapa mahasiswa Desain Produk FSRD ITB bergabung dengan Tim dari Fakultas Teknologi Mesin dan Dirgantara (FTMD) untuk berkompetisi dalam Shell Eco-Marathon 2010. Kompetisi internasional yang akan dilaksanakan pada 8-10 Juli 2010, Sepang International Circuit, Malaysia, ini merupakan lomba desain dan pembuatan kendaraan yang paling efisien dalam penggunaan energi. ITB akan menyertakan 3 desain kendaraan. Salah satunya adalah kendaraan "Cikal" yang dikerjakan oleh tim yang terdiri dari 18 mahasiswa lintas disiplin (Teknik Elektro, Teknik Penerbangan, Teknik Mesin, Desain Produk). Dari Desain Produk adalah Anastasia Sulemantoro, Erwan Machmudin, dan Maulana Ahmad. Target dari tim adalah membuat Cikal sebagai kendaraan perkotaan buatan indonesia yang bisa melaju 200 km/liter. Pada tanggal 26 April 2010 lalu Cikal dan dua desain kendaraan ITB lainnya diluncurkan oleh Rektor ITB Prof. Akhmaloka, Ph.D.

Comments

Popular posts from this blog

Hangar Provides A Playful Alternative To Store Clothes In The Closet With Style

Wait, don’t anticipate already the toy aircrafts that the kids are playing with can be found at the children section in Wal-Mart. In fact, even though they really look like one , but these are not just toy planes at all, however, the fun is surely an added bonus that your kids can enjoy. This cloth hanger is the outcome of the playful thought of Chetan Sorab, which can store clothes in the closet in a range of alternatives, most specially, with fun. Inspired from the shape of early World War aircrafts, the hanger has been designed with a funful appearance including an ergonomic handle that enables user to hook on other hangers, making a fleet of them carrying easier than ever. The variety of color will definitely give you the chance of being YOU and show others your taste of elegance. Designer : Chetan Sorab

Kanzen:Benih Motor Nasional

Adalah suatu ironi yang menyedihkan jika bangsa Indonesia yang mampu membuat pesawat terbang nasional tidak mampu membuat sebuah motor nasional sendiri. Selama puluhan tahun, industri dan pasar otomotif Indonesia dikuasai oleh vendor-vendor dari Jepang, tetapi hal itu tidak membuat bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi otomotif secara mandiri malah semakin membuat bangsa ini semakin tergantung oleh teknologi dari Jepang. Memang transfer teknologi, sumber daya manusia kita memiliki kemampuan memproduksi komponen-komponen otomotif di dalam negeri sendiri, sayangnya hal itu untuk menyuplai kebutuhan komponen otomotif vendor Jepang di dalam negeri maupun di luar negeri. Indonesia tidak diperbolehkan membuat produk-produk otomotif dengan merek atau brand sendiri dengan menggunakan teknologi dari Jepang. Ini membuat tenaga-tenaga ahli otomotif kita hanya sebagai “buruh” bagi para vendor Jepang, bukan sebagai “majikan” di negerinya sendiri. Di samping itu, pemerintah tidak membuat

DASAR DESAIN PRODUK - STUDI HANDGRIP- UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA