Skip to main content

kompetisi Sharp Idea Award (SIA), sebuah ajang kompetisi yang ditujukan bagi kalangan mahasiswa dalam bidang lingkungan dan pengembangan desain produk elektronik


Jakarta, 30 Maret 2010 – PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) mengadakan kompetisi Sharp Idea Award (SIA), sebuah ajang kompetisi yang ditujukan bagi kalangan mahasiswa dalam bidang lingkungan dan pengembangan desain produk elektronik. Kompetisi ide inovatif yang kali pertama diadakan ini, diharapkan mampu menghadirkan insan-insan muda Indonesia yang kreatif dan sangat peduli dengan lingkungan.

”Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan wadah bagi mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka dalam mendesain produk elektronik inovatif dan membuat ide kegiatan bertema lingkungan yang unik”, tutur Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia, Fumihiro Irie.

Ajang SIA ini diselenggarakan dalam 2 kategori, yaitu:
-    Environmental Activity Idea: Usulan ide berkaitan dengan pelestarian alam dan pemanfaatan lestari sumber daya hayati Indonesia. 
-    Product Idea: Usulan ide berkaitan dengan pengembangan produk elektronik inovatif seperti TV, Audio Video, Mesin Cuci, Air Conditioner, Kulkas, peralatan rumah tangga dan produk-produk elektronik lainnya dengan tema produk tepat guna berteknologi tinggi, ramah lingkungan, sehat dan berorientasi bisnis.

Adapun juri-juri yang menilai hasil karya masing-masih peserta adalah orang-orang yang memang ahli di bidang nya masing-masing. Juri untuk kategori Environmental Activity Idea adalah sebagai berikut:
-    Ryunosuke Kitagawa, Brand Strategy Group Director PT SEID
-    Takao Nakanishi, General Manager of ASEAN Creative Lifestyle Focus Center, Sharp Electronics Malaysia
-    Ronald R. Huwae, Ass. General Manager Customer Satisfaction PT SEID
-    Anida Haryatmo, Indonesian Biodiversity Foundation Program Director
-    DR. Henry Bastaman, Deputy Minister for Environmental Communication & People Empowerment
-    Indra Sari Wardhani, Energy Officer, Climate & Energy Program WWF Indonesia
-    Maria Hartiningsih, Kompas Senior Writer.


Untuk kategori Product Idea, para juri terdiri dari:
-    Fumihiro Irie, President Director PT Sharp Electronics Indonesia
-    Ryunosuke Kitagawa, Brand Strategy Group Director PT SEID
-    Takao Nakanishi, General Manager of ASEAN Creative Lifestyle Focus Center, Sharp Electronics Malaysia
-    Mizan Allan de Neve, President of Indonesia Product Design Association
-    Muhadjir Manan, Director of Jakarta Design Center
-    Damang Chassianda Sarumpaet, Former National Design Development Manager
-    Drs. Giri TVPL, Product Design and Graphic Design Lecturer

Beberapa persyaratan lain bagi peserta, yaitu karya yang dihasilkan dapat dijalankan atau diaplikasikan di berbagai platform, karya harus original, unik, dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba lain sebelumnya, serta karya yang terpilih menjadi pemenang, akan direview oleh Sharp, untuk dapat ditindaklanjuti sebagai fitur yang akan dikomersialkan Sharp dan akan dilakukan negosiasi terpisah.

Peserta yang terpilih setelah hasil seleksi dari para juri selanjutnya diharuskan mengirim konsep ide untuk kategori Environmental Activity dan konsep ide, sketsa, gambar 2 Dimensi, 3 Dimensi dan product placement untuk kategori Product Idea kepada panitia. Kemudian seleksi lebih lanjut dilakukan oleh para juri telah menghasilkan 12 orang finalis.

Sharp mempersiapkan berbagai apresiasi bagi karya inovatif dan kreatif, dengan total hadiah Rp. 76.000.000, dan mengikuti workshop SIA di Jakarta.

Penilaian untuk kategori Environmental Activity Idea, dititikberatkan pada:
-    Ide bersifat orisinil, belum pernah diperlombakan maupun dilaksanakan sebelumnya
-    Dapat diterapkan/diselenggarakan pada skala komunitas
-    Bisa menjadi inspirasi banyak orang
-    Memiliki dampak sosial, lingkungan dan ekonomi
-    Memiliki skala keberlanjutan

Sedangkan penilaian kategori Product Idea, dititikberatkan pada:

-    Orisinalitas Ide
-    Solutif dan praktikal
-    Kredibilitas teknis
-    Estetis
-    Visi ke depan
-    Berbasis elektronik

Proses workshop dan penjurian dilaksanakan selama 3 hari (28-30 Maret 2010) di Jakarta. Hari pertama para finalis diberikan Workshop yang dilakukan di Hotel Borobudur Jakarta di mana para finalis diberikan orientasi seputar kompetisi dan pembekalan simulasi presentasi. Hari kedua dilaksanakan training motivasi yang dilanjutkan dengan penjurian di kantor pusat SEID Pulogadung. Hari ketiga merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh para finalis, karena pada hari tersebut merupakan hari pengumuman pemenang Sharp Idea Award.

Setelah penjurian yang dilakukan secara seksama terpilihlah 2 orang pemenang dari kategori Product Idea dan 3 orang pemenang dari kategori Environmental Activity Idea.

Kategori Environmental Activity Idea
1.    Golden Winner: Faiqotul Himma (IPB) dengan ide aktivitas lingkungan Penanaman Pohon Kelor (Manga Oleifera) untuk Penghijauan di Kawasan Sungai Rawan Banjir dan Buahnya untuk Koagulan Filtrasi Air.
2.    Silver Winner: Oktaviana Miffatulani (IPB) dengan ide aktivitas lingkungan 5R-Vertigard for A Sustainable Living City.
3.    Silver Winner: Deden Derajat Matra (IPB) dengan ide aktivitas lingkungan Mangosteen Tayosei (Mangosteen Goes to School & Community for Indonesian Biodiversity Conservation).

Kategori Product Idea
1.    Golden Winner: Insan Arif Hakiki (ITENAS) dengan ide produk Herboil (Herbal Boiler)
2.    Silver Winner: Siannie Dita Putri (Lasalle College of The Arts) dengan ide produk Portable Media Player


Photo Bersama Dewan Juri , Peserta Finalist SHARP Idea Awards
dan Management PT.SHARP Electronics Indonesia

Comments

Popular posts from this blog

Hangar Provides A Playful Alternative To Store Clothes In The Closet With Style

Wait, don’t anticipate already the toy aircrafts that the kids are playing with can be found at the children section in Wal-Mart. In fact, even though they really look like one , but these are not just toy planes at all, however, the fun is surely an added bonus that your kids can enjoy. This cloth hanger is the outcome of the playful thought of Chetan Sorab, which can store clothes in the closet in a range of alternatives, most specially, with fun. Inspired from the shape of early World War aircrafts, the hanger has been designed with a funful appearance including an ergonomic handle that enables user to hook on other hangers, making a fleet of them carrying easier than ever. The variety of color will definitely give you the chance of being YOU and show others your taste of elegance. Designer : Chetan Sorab

Kanzen:Benih Motor Nasional

Adalah suatu ironi yang menyedihkan jika bangsa Indonesia yang mampu membuat pesawat terbang nasional tidak mampu membuat sebuah motor nasional sendiri. Selama puluhan tahun, industri dan pasar otomotif Indonesia dikuasai oleh vendor-vendor dari Jepang, tetapi hal itu tidak membuat bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi otomotif secara mandiri malah semakin membuat bangsa ini semakin tergantung oleh teknologi dari Jepang. Memang transfer teknologi, sumber daya manusia kita memiliki kemampuan memproduksi komponen-komponen otomotif di dalam negeri sendiri, sayangnya hal itu untuk menyuplai kebutuhan komponen otomotif vendor Jepang di dalam negeri maupun di luar negeri. Indonesia tidak diperbolehkan membuat produk-produk otomotif dengan merek atau brand sendiri dengan menggunakan teknologi dari Jepang. Ini membuat tenaga-tenaga ahli otomotif kita hanya sebagai “buruh” bagi para vendor Jepang, bukan sebagai “majikan” di negerinya sendiri. Di samping itu, pemerintah tidak membuat

DASAR DESAIN PRODUK - STUDI HANDGRIP- UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA