Skip to main content

mathieu lehanneur + david edwards: pumpkin


'pumpkin' by mathieu lehanneur + julien benayoun + david edwards
images courtesy of mathieu lehanneur + julien benayoun + david edwards
images © le laboratoire / mathieu lehanneur


french designer mathieu lehanneur along with harvard professor david edwards
have created 'pumpkin', an object that carries water as it conforms to the needs of its
user's in both domestic and international aid situations.

the project was first developed by lehanneur and julien benayoun in 'the lab at harvard' in 2008
and has since seen several international teams come together to realize the proposal including
le laboratoire, labogroup, and artscience prize. lehanneur was invited to finish the design of
'the pumpkin' at which time he began collaborating with edwards on the technical aspects
of the water vessel.



the combined shoulder bag and water vessel


modeled after the biological cell, the container transports water in large or small volumes,
expanding as necessary and filtering it if desired.

the vessel for everyday use is composed of two detachable parts that clip together to serve
as a shoulder bag that holds up to one and a half liters of water while transporting personal items.



components of the shoulder bag



detail of zipper on the shoulder bag



detachable parts


when being used for sport, such as hiking, the object detaches from the bag and connects to other
tubes that can hold between four and eight liters of water, encircling the user's head or, like a rucksack,
slinging around the back. when requiring large quantities, as in hard work or relief conditions,
the container can hold up to fifteen liters of water around the shoulders and neck or torso.



clockwise from top left: 4 liters on the back; 8 liters on the head; 12 liters around the torso; 15 liters around the torso


'pumpkin' is part of a three year experiment focused in south africa. an international support group is set to help
local inhabitants imagine new ways of transporting water, influenced by the principles of the water vessel,
but also by local ingenuity and initiative. the container was produced for commercial sale in locations
throughout the developed world in 2010 with profits directed towards the charity.
continual experimentation is aimed at improving access to water in some of the harshest environments
around the world.

the vessel is on show until january 30, 2011 at le laboratoire in paris, france.



collaborators david edwards + julien benayoun + mathieu lehanneur
image © phaseonephotography



'pumpkin' on display at le laboratoire

Comments

Popular posts from this blog

Indonesia Ditipu Jepang: Kijang Innova Akan Dipasok dari India?

Dari semua produk line up PT Toyota Astra Motor (TAM), Kijang, Avanza, Rush, dan Fortuner yang diproduksi di Indonesia. Bahkan Kijang dikenal sebagai mobil kebanggan keluarga Indonesia, ketika pertama kali di release pada 1977 masih berupa pikap dan kini menjadi multi purpose vehicle (MPV) berkelas, konon tidak lagi diproduksi di dalam negeri. Malah akan diimpor dari luar. Hal itu mungkin saja, mengingat adanya perjanjian perdagangan bebas (free trade area/FTA) antara negara di kawasan Asean dengan India yang telah ditandatangani 13 Agustus 2009 lalu. Isinya, di antaranya adanya penurunan tarif impor produk (impor duty) untuk beberapa produk hingga nol persen berlaku antara 2013 hingga 2016. Salah satunya, otomotif. Imbasnya, mulai tumbuh wacana kemungkinan Kijang Innova akan dipasok dari India untuk pasar Indonesia. Hal ini diutarakan Wakil Presiden Direktur TAM Shinji Fujii saat bincang-bincangnya bersama KOMPAS.com, akhir pekan lalu. "Ini baru kemungkinan. Tapi kami akan ber...

Mimpi-mimpi benua Eropa dari Paris Motor Show

Mondial de l'Automobile 2012: Concept Cars Mimpi-mimpi benua Eropa dari Paris Motor Show Oleh Evan Orensten pada 3 Oktober 2012 Paris motor show 2012 mempersembahkan dan memaksa para pembuat mobil untuk melenturkan kembali otot-otot desain mereka pada bukan hanya pada sisi produksi tapi juga dalam hal berkonsep. Inilah dia 7 model favorit yang dianggap cukup mewakili imajinasi bangsa-bangsa Eropa. Peugeot Onyx Sebuah konsep yang nyata—hadir untuk menjadi topik pembicaraan, namun nampaknya tidak akan diproduksi dalam waktu dekat ini.—Peugeot's Onyx   terbuat dari bahan tembaga, serat karbon, dan daur ulang koran. The Onyx dibayangkan menjelma menjadi supercar hybrid yang super ringan, namun dibekali mesin V8 demi melejitkan 600 tenaga kuda. Peugeot juga berkiblat lebih jauh lagi, dengan tidak hanya menhabiskan waktu di automobile tapi juga menggugah eksplorasi di dunia transportasi dua roda. eDL 132 disinyalir ditempel oleh batere tersembunyi dan mo...

Kanzen:Benih Motor Nasional

Adalah suatu ironi yang menyedihkan jika bangsa Indonesia yang mampu membuat pesawat terbang nasional tidak mampu membuat sebuah motor nasional sendiri. Selama puluhan tahun, industri dan pasar otomotif Indonesia dikuasai oleh vendor-vendor dari Jepang, tetapi hal itu tidak membuat bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi otomotif secara mandiri malah semakin membuat bangsa ini semakin tergantung oleh teknologi dari Jepang. Memang transfer teknologi, sumber daya manusia kita memiliki kemampuan memproduksi komponen-komponen otomotif di dalam negeri sendiri, sayangnya hal itu untuk menyuplai kebutuhan komponen otomotif vendor Jepang di dalam negeri maupun di luar negeri. Indonesia tidak diperbolehkan membuat produk-produk otomotif dengan merek atau brand sendiri dengan menggunakan teknologi dari Jepang. Ini membuat tenaga-tenaga ahli otomotif kita hanya sebagai “buruh” bagi para vendor Jepang, bukan sebagai “majikan” di negerinya sendiri. Di samping itu, pemerintah tidak membuat ...