Skip to main content

LOMBA DESAIN KREATIF PRODUK KULIT INDONESIA 2010




Seperti tahun 2009 yang lalu, kembali Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menegah
bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS)
menyelenggarakan “LOMBA DESAIN KREATIF PRODUK KULIT INDONESIA 2010”

Baca informasi lebih detail mengenai persyaratan dan ketentuanDownload Leaflet Lomba
TUJUAN LOMBA DESAIN KREATIF PRODUK KULIT INDONESIA
■    Meningkatkan iklim kompetisi dan kepedulian desainer untuk melakukan inovasi produk kulit yang( diminati pasar, dengan mengolah bahan kulit yang tersedia serta ramah lingkungan.
■    Mendorong sinergi desainer, pelaku usaha UKM, Asosiasi dan pemerintah dan memacu tumbuhnya kreatifitas dan kemampuan desain yang pada gilirannya diharapkan meningkatkan daya saing produk dan kecintaan terhadap produk kulit Nasional.
■    Mendorong tumbuhnya desain produk Indonesia yang mampu menciptakan trend pasar.

KATEGORI PRODUK YANG DILOMBAKAN
■    Produk Alas Kaki (sepatu, sandal, dsb)
■    Produk Busana
■    Produk Barang Jadi kulit dan Assesoris. (tas, dompet, dll)

TAHAPAN LOMBA
■  Publikasi Lomba
■   Pendaftaran calon peserta Lomba
■   Trend Course
■   Pendaftaran dan pemilihan UKM Mitra Produksi
■   Proses pembuatan dan pengiriman konsep desain peserta lomba.
■   Penjurian dan penetapan 15 karya desain nominasi pemenang lomba
■   Pemilihan kemitraan desainer nominasi dengan UKM mitra produksi
■   Proses pembuatan prototipe karya desain
■   Penjurian dan pengumuman final pemenang lomba
■   Expose-Display karya

SYARAT UMUM
■   Hasil karya orisinil, bukan tiruan desain produk kulit lain
■   Karya belum pernah diikutsertakan lomba dipublikasikan
■   Fotocopy Kartu Identitas (WNI) & pasfoto terbaru berwarna ukuran 3R/postcard
■   Mengisi formulir dan surat pernyataan Otorisasi Publikasi dari panitia
■   Tim juri dan anggota panitia tidak diperkenankan mengikuti lomba.

KETENTUAN LOMBA DESAIN KREATIF PRODUK KULIT INDONESIA
■   Hasil karya lomba berupa konsep, penjelasan proses pembuatan, dan gambar dengan variasi teknik bebas (tampak, potongan, detail, dan perspektif) dapat ditambah dengan keterangan lain yang dianggap perlu.
■   Ukuran kertas gambar A3 (297x420mm) ditempelkan pada kertas warna hitam ukuran 397x520 mm.
■   Disertakan juga soft copy dalam CD/DVD dengan format JPG/PDF/TIFF. Resolusi tinggi 300 dpi.
■   Karya lomba yang masuk nominasi bisa diikutsertakan dalam kompetisi International
■   Karya pemenang lomba menjadi milik panitia dengan Hak Cipta sepenuhnya milik peserta
■   Memperhatikan persyaratan umum dan jadwal penyelenggaraan lomba.

Karya Lomba Desain Kreatif Produk Kulit Indonesia tahun 2010 akan diseleksi menjadi 15 nominasi. Peserta yang masuk nominasi diwajibkan membuat prototype sesuai jadwal, bersama dengan UKM Mitra Produksi yang telah ditunjuk oleh Panitia Lomba.

PENILAIAN
■   Ide dasar, Konsep, Inovasi kreatif desain
■   Orisinalitas (Keaslian ide/karya, keunikan, nilai tambah produk, dan materi bahan baku).
■   Mutu desain
■   Inspirasi nilai lokal budaya Indonesia dan inspirasi tren global
■   Memiliki orientasi pasar dan memiliki pengaruh untuk perkembangan trend.
■   Ramah Lingkungan

Comments

Popular posts from this blog

Mimpi-mimpi benua Eropa dari Paris Motor Show

Mondial de l'Automobile 2012: Concept Cars Mimpi-mimpi benua Eropa dari Paris Motor Show Oleh Evan Orensten pada 3 Oktober 2012 Paris motor show 2012 mempersembahkan dan memaksa para pembuat mobil untuk melenturkan kembali otot-otot desain mereka pada bukan hanya pada sisi produksi tapi juga dalam hal berkonsep. Inilah dia 7 model favorit yang dianggap cukup mewakili imajinasi bangsa-bangsa Eropa. Peugeot Onyx Sebuah konsep yang nyata—hadir untuk menjadi topik pembicaraan, namun nampaknya tidak akan diproduksi dalam waktu dekat ini.—Peugeot's Onyx   terbuat dari bahan tembaga, serat karbon, dan daur ulang koran. The Onyx dibayangkan menjelma menjadi supercar hybrid yang super ringan, namun dibekali mesin V8 demi melejitkan 600 tenaga kuda. Peugeot juga berkiblat lebih jauh lagi, dengan tidak hanya menhabiskan waktu di automobile tapi juga menggugah eksplorasi di dunia transportasi dua roda. eDL 132 disinyalir ditempel oleh batere tersembunyi dan mo...

KOMPOSISI 3D - MIX MEDIA PROJECT- UNIVERSITAS KRISTEN MARANATHA

Tibi & Dabo Robots For Public Spaces

Tibi and Dabo are 2 cute robots designed to provide a wide range of services to citizens in Barcelona’s public spaces. The final shape of Tibi & Dabo came from different conceptualization and development techniques, such as surveys, sociological, iconicity pyramids, and ethnographical tools. These robots are the result from collaboration between the School of Design ESDi and the Institute of Robotics and Industrial Informatics (IRI), who coordinated the European, funded URUS Project (Ubiquitous Networking Robotics in Urban Settings). Tibi & Dabo are here because the project URUS attempts to analyze and test the idea how robots can interact with human beings in a cooperative way. We can use robots to assist us like when we need transportation of goods or surveillance in urban areas in order to improve life quality. Designer : ESDi and IRI (Institute of Robotics and Industrial Informatics)