Skip to main content

BPPT Siap Wujudkan Mobil Irit BBM




Hal itu diungkapkan Ketua BBPT Marzan A. Iskandar pada jumpa pers Shell Eco-marathon (SEM) di hotel Four Seasons di Jakarta, Jumat (14/8/09).

"Kita juga menginginkan anak bangsa dapat berkontribusi dalam mengembangkan
mobil nasional," kata Marzan.

Menurutnya, kita akan mulai konsolidasi dari mulai anak SMK hingga perguruan tinggi untuk bisa membuat inovatif yaitu mobil nasional.

Mengingat saat ini kemampuan anak bangsa sudah mulai terlihat dengan bukti nyata adanya mobil Esemka dari SMK Negeri 1 Semarang.

"Lihat sudah mulai ada mobil Esemka dan produk bermesin lainnya dari berbagai macam sekolah," ujarnya.

Harapan BPPT terhadap anak bangsa ternyata tidak sampai disini. Untuk
mengimplementasikannya BPPT siap mengakuisisi bagi peserta yang berhasil
menjuarai laga Shell Eco-marathon (SEM) di Malaysia. BPPT siap mengaplikasikan materiil yang sudah dibangun oleh anak bangsa terhadap produk yang dibuatnya.

"Untuk menyemangati anak-anak tersebut kita siap menumbuhkan mobnas dengan
materil atau ide serta desain yang mereka gunakan pada prototype atau juga
desain enginenya," ucapnya.

Niatan BPPT ini sungguh beralasan, sebab dengan cara ini diharapkan akan bisa memotivasi BPPT dan anak bangsa agar terus tetap mengembangkan mobnas. Dan inisiasi ini tentu tidak akan sebatas pada ajang Shell Eco-marathon (SEM) dan diharapkan akan terus berlanjut.

"Hal ini tidak akan sampai disini saja, kita tidak akan berhenti dan apa yang dilakukan adik-adik adalah sangat memotivasi untuk kedepannya mengembangkan mobnas," tuturnya

Comments

Popular posts from this blog

Indonesia Ditipu Jepang: Kijang Innova Akan Dipasok dari India?

Dari semua produk line up PT Toyota Astra Motor (TAM), Kijang, Avanza, Rush, dan Fortuner yang diproduksi di Indonesia. Bahkan Kijang dikenal sebagai mobil kebanggan keluarga Indonesia, ketika pertama kali di release pada 1977 masih berupa pikap dan kini menjadi multi purpose vehicle (MPV) berkelas, konon tidak lagi diproduksi di dalam negeri. Malah akan diimpor dari luar. Hal itu mungkin saja, mengingat adanya perjanjian perdagangan bebas (free trade area/FTA) antara negara di kawasan Asean dengan India yang telah ditandatangani 13 Agustus 2009 lalu. Isinya, di antaranya adanya penurunan tarif impor produk (impor duty) untuk beberapa produk hingga nol persen berlaku antara 2013 hingga 2016. Salah satunya, otomotif. Imbasnya, mulai tumbuh wacana kemungkinan Kijang Innova akan dipasok dari India untuk pasar Indonesia. Hal ini diutarakan Wakil Presiden Direktur TAM Shinji Fujii saat bincang-bincangnya bersama KOMPAS.com, akhir pekan lalu. "Ini baru kemungkinan. Tapi kami akan ber...

Mimpi-mimpi benua Eropa dari Paris Motor Show

Mondial de l'Automobile 2012: Concept Cars Mimpi-mimpi benua Eropa dari Paris Motor Show Oleh Evan Orensten pada 3 Oktober 2012 Paris motor show 2012 mempersembahkan dan memaksa para pembuat mobil untuk melenturkan kembali otot-otot desain mereka pada bukan hanya pada sisi produksi tapi juga dalam hal berkonsep. Inilah dia 7 model favorit yang dianggap cukup mewakili imajinasi bangsa-bangsa Eropa. Peugeot Onyx Sebuah konsep yang nyata—hadir untuk menjadi topik pembicaraan, namun nampaknya tidak akan diproduksi dalam waktu dekat ini.—Peugeot's Onyx   terbuat dari bahan tembaga, serat karbon, dan daur ulang koran. The Onyx dibayangkan menjelma menjadi supercar hybrid yang super ringan, namun dibekali mesin V8 demi melejitkan 600 tenaga kuda. Peugeot juga berkiblat lebih jauh lagi, dengan tidak hanya menhabiskan waktu di automobile tapi juga menggugah eksplorasi di dunia transportasi dua roda. eDL 132 disinyalir ditempel oleh batere tersembunyi dan mo...

Kanzen:Benih Motor Nasional

Adalah suatu ironi yang menyedihkan jika bangsa Indonesia yang mampu membuat pesawat terbang nasional tidak mampu membuat sebuah motor nasional sendiri. Selama puluhan tahun, industri dan pasar otomotif Indonesia dikuasai oleh vendor-vendor dari Jepang, tetapi hal itu tidak membuat bangsa Indonesia mampu mengembangkan teknologi otomotif secara mandiri malah semakin membuat bangsa ini semakin tergantung oleh teknologi dari Jepang. Memang transfer teknologi, sumber daya manusia kita memiliki kemampuan memproduksi komponen-komponen otomotif di dalam negeri sendiri, sayangnya hal itu untuk menyuplai kebutuhan komponen otomotif vendor Jepang di dalam negeri maupun di luar negeri. Indonesia tidak diperbolehkan membuat produk-produk otomotif dengan merek atau brand sendiri dengan menggunakan teknologi dari Jepang. Ini membuat tenaga-tenaga ahli otomotif kita hanya sebagai “buruh” bagi para vendor Jepang, bukan sebagai “majikan” di negerinya sendiri. Di samping itu, pemerintah tidak membuat ...